Rabu, 02 Februari 2011

OpenOffice.org Writer

OpenOffice.org adalah program aplikasi perkantoran Open Source yang produktif dan cukup lengkap, tidak banyak berbeda dengan program aplikasi perkantoran dari proprietary. Di dalam OpenOffice.org sudah ada pengolah kata atau Word Processor dalam bentuk OpenOffice.org Writer, sudah ada SpreadSheet berupa OpenOffice.org Calc, sudah ada Presentation dalam bentuk OpenOffice.org Impress. Dan sudah ada juga OpenOffice.org Database untuk mengolah data secara interaktif. Plus beberapa program penting lainnya seperti Drawing, Labels, Formula, HTML Documents, Business Card dan ebagainya. Bahkan semua tampilan antarmukanya tidak begitu jauh berbeda dengan program aplikasi perkantoran proprietary yang sudah lebih dahulu populer saat ini.

Semua dokumen lama yang pernah dibuat menggunakan program aplikasi perkantoran proprietary juga dapat dibuka dengan baik menggunakan OpenOffice.org ini. Dalam beberapa dokumen, memang tidak semuanya dapat dibuka dengan sempurna, yakni akan ada beberapa format yang berubah ataupun hilang ~ tetapi cukup meringankan, karena tidak perlu lagi membuatnya dari awal. Bahkan bila kita masih perlu berhubungan dengan mitra kerja kita yang masih tetap menggunakan program proprietary Microsoft Office, misalnya, maka dokumen yang kita buat tsb, dapat disimpan ke dalam format program proprietary Microsoft. Office tersebut dengan baik dan dapat dilakukan dengan cara yang sangat mudah.


Lintas Platform

Salah satu penyebab OpenOffice.org populer saat ini, di samping cara penggunaannya yang mudah, karena sangat mirip dengan cara menggunakan program aplikasi erkantoran proprietary, juga karena program aplikasi perkantoran OpenOffice.org ini dapat berjalan dengan baik pada lintas platform. Ia dapat dijalankan pada sistem operasi Linux, Mac OS X, Solaris, bahkan pada system operasi Microsoft Windows. Dengan demikian, maka masyarakat luas mempunyai banyak pilihan untuk menggunakannya pada sistem operasi mana yang ia sukai.


OpenOffice.org Writer

OpenOffice.org Writer adalah aplikasi Word Processor yang biasanya digunakan para pemakai komputer untuk kegiatan tulismenulis. Selain OpenOffice.org Writer, ada beberapa jenis Word Processor yang populer dan sudah banyak dipergunakan masyarakat, di antaranya:

  • WordStar
  • WordPerfect
  • KWord
  • AmiPro
  • AbiWord
  • Microsoft Word (Microsoft Word)
  • Text Maker, dll

Bagi yang sudah pernah menggunakan salah satu Word Processor di atas, maka dapat dengan mudah beradaptasi menggunakan OpenOffice.org Writer ini. Sedangkan bagi para pemula yang benarbenar awam dan belum pernah menggunakan computer


DOWNLOAD TUTORIAL OPENOFFICE.ORG WRITER :

Download

0 comments:

Posting Komentar